Tepung Talbinah | Talbina Powder


Apa itu tepung talbinah ?


tepung talbinah adalah tepung yang terbuat dari barley, kadang juga disebut dengan tepung barley.


Barley adalah salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari keluarga gandum. Biji barley juga dikenal sebagai jelai.


Dinamakan talbinah, konon dikarenakan ia memiliki kemiripan dengan susu (al-laban), yaitu karena sifatnya yang lembut dan putih.



Manfaat Tepung Talbinah


Talbinah Bisa Untuk Ruqyah


Imam Bukhari ulamanya ahli hadits membuat judul bab dalam shahihnya dengan nama talbinah, kemudian beliau meriwayatkan hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha:




عَنْ عَائِشَةَ، زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَنَّهَا كَانَتْ إِذَا مَاتَ المَيِّتُ مِنْ أَهْلِهَا، فَاجْتَمَعَ لِذَلِكَ النِّسَاءُ، ثُمَّ تَفَرَّقْنَ إِلَّا أَهْلَهَا وَخَاصَّتَهَا، أَمَرَتْ بِبُرْمَةٍ مِنْ تَلْبِينَةٍ فَطُبِخَتْ، ثُمَّ صُنِعَ ثَرِيدٌ فَصُبَّتِ التَّلْبِينَةُ عَلَيْهَا، ثُمَّ قَالَتْ: كُلْنَ مِنْهَا، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: التَّلْبِينَةُ مُجِمَّةٌ لِفُؤَادِ المَرِيضِ، تَذْهَبُ بِبَعْضِ الحُزْنِ




Dari Aisyah istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bahwasanya : Bila salah seorang dari keluarganya meninggal, dan kaum wanita pun berkumpul lalu bubar kecuali pihak keluarganya, beliau menyuruh untuk menyediakan periuk berisikan bubur yang dimasak dari gandum lembut. Kemudian ia membuat campuran daging dan roti dan menuangkan gandum lembut (yang direbus tadi). Setelah itu, Aisyah berkata : Makanlah darinya, karena aku telah mendengar Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Talbinah (bubur gandum lembut) bisa menenangkan hati yang sakit, menghilangkan kesedihan.” (HR. Al-Bukhari no. 5417)


Dari hadits diatas bisa diambil beberapa manfaat dari salah satu thibbun nabawi ini adalah dengan mengonsumsi tepung talbinah bisa ;


- Menenangkan pikiran, hati,

- Meringankan kesedihan,

- Menguatkan hati


Dan itu salah satu tujuan yang diharapkan dari ruqyah.


Tepung Talbinah Untuk Asam Lambung


Talbinah mengandung nutrisi bermanfaat untuk mengatasi keluhan maag yaitu lesitin. para dokter biasanya akan menasehati pasien penderita maag untuk mengkonsumsi makanan berlesitin.


Masalah Pencernaan Secara Umum


Pada talbinah terkandung nutrisi berupa magnesium yang amat bagus sebagai pemelihara pencernaan tubuh pada manusia, sehingga hal ini pula yang membuat banyak pakar kesehatan merekomendasikan talbinah ini untuk solusi penyakit maag, begitu pula manfaat lain yang bisa dipetik dari kandungan magnesium yang dalam jumlah besar ada pada talbinah adalah pengaruh positifnya dalam menjaga kesehatan jantung manusia.


Talbinah juga bagus untuk dikonsumsi oleh anak kecil yang menderita sembelit. Nutrisi berupa betaglocan pada talbinah sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai alternatif pengendali kolesterol pada darah.


Talbinah juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan mikroorganisme serta mikroba pengganggu kesehatan. Hal demikian karena kandungan serat alami yang ada pada talbinah ini. Kandungan potassium pada tepung talbinah sangat bagus sebagai penyeimbang zat garam dan air pada tubuh manusia.


Cara Mengkonsumsi Tepung Talbinah


Talbinah dibuat dari gandum yang lembut (diayak / disaring) kemudian dicampur dengan 1 gelas air, kemudian dimasak di atas api yang sedang hingga kurang lebih 5 menit. Dan terkadang dicampur dengan 1 sendok madu.


1. Ambil 3-4 sendok makan tepung Talbinah

2. Campur dengan 1 gelas air / secukupnya dan aduk hingga merata

3. Dimasak diatas api sedang hingga kurang lebih 5 menit 

4. Aduk hingga menjadi bubur

5. Angkat dan biarkan hingga dingin

6. Lebih nikmat jika ditambah madu, kuah daging, gula atau garam



Contoh Produk Talbinah yang best seller di Indonesia





Talbinah Resep Thibb Nabawy


talbinah resep thibb nabawy Diproduksi Oleh Assabil Amin Food Bekasi dengan Komposisi  100% tepung biji gandum.


Produk ini digunakan untuk membantu mengobati sakit maag kronis, antiemetic (mengurangi mual dan muntah), gastritis dan semua gangguan lambung.


Talbinah Al Khodry


talbinah alkhodry Diproduksi Oleh Alkhodry Indonesia dengan Komposisi  100% tepung biji gandum.


Dari segi manfaat kurang lebih sama dengan talbinah resep thibb Nabawy yaitu 

Membantu Mengobati Semua Gangguan Lambung

Untuk membantu mengobati sakit maag kronis, antiemetic (mengurangi mual dan muntah), gastritis dan semua gangguan lambung.


yang membedakan kemasannya talbinah alkhodry 150 gr 


Distributor Talbinah


Bagi anda yang tertarik untuk menjadi distributor dua produk talbinah diatas bisa langsung menghubungi kami.