Kayu Bajakah Kalimantan


Kayu Bajakah Adalah tanaman merambat yang ada di hutan Kalimantan, memiliki nama lengkap bajakah tampala dengan nama ilmiah Spatholobus Littoralis Hassk.



Nama ilmiahnya diambil dari bahasa Latin yaitu Spatholobus Littoralis Hassk. Spatholobus adalah genus tumbuhan yang merambat di pohon kayu dari suku Phaseoleae.



Tanaman ini menjadi populer karena hasil penelitian dari beberapa siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 


kayu bajakah sangat berguna bagi dunia medis, yaitu menyimpan potensi besar sebagai obat tumor & kanker.


Mereka kemudian mengikutsertakan hasil penelitiannya di ajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan dan meraih medali emas.


Kayu Bajakah Dan Khasiatnya


Manfaat akar bajakah yang utama adalah untuk membunuh sel kanker dan tumor, 

Alasannya kayu bajakah di claim memiliki 40 senyawa fitokimia diantaranya adalah ;

Tannin. Senyawa polifenol ini banyak ditemukan dalam tanaman. Tannin diketahui bekerja sebagai anti kanker dan antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, virus, jamur di dalam tubuh. Tanin juga dapat mencegah kerusakan oksidatif dan mengurangi tekanan darah.

 

Fitonutrien. Senyawa ini juga umum ditemukan pada tanaman. Fitonutrien memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Sifat antioksidan inilah yang dapat bekerja mencegah tubuh dari penyakit kanker. 

 

Saponin. Saponin berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Senyawa ini juga mampu melindungi tubuh dari kanker serta menurunkan kadar kolesterol.

 

Terpenoid. Senyawa terpenoid telah ditemukan bermanfaat dalam pencegahan dan terapi beberapa penyakit. Terpenoid memiliki sifat antimikroba, antijamur, antiparasit, antivirus, anti-alergi, hingga antiinflamasi. Juga berguna untuk meningkatkan pertahanan tubuh. 

 

Flavonoid. Kandungan antioksidan yang satu ini dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, asma, dan stroke. Flavonoid mampu bekerja dalam tubuh dengan cara memperbaiki radikal bebas dan ion logam yang merusak sel.

bajakah juga telah lama digunakan oleh penduduk asli suku dayak untuk berbagai macam pengobatan.   


Kayu Bajakah Asli Dan Palsu


Viralnya pemberitaan mengenai manfaat kayu bajakah Kalimantan untuk mengobati tumor & kanker membuat tumbuhan ini banyak diburu.


Tak hanya oleh penduduk setempat, namun juga para pendatang mulai berdatangan ke Kalimantan demi berburu kayu bajakah.


Padahal, sebenarnya tak semua jenis kayu bajakah bermanfaat mengobati kanker, beberapa malah sangat berbahaya karena bisa mengandung racun mematikan.


Salah satu ciri bajakah yang beracun adalah jenis tuba, kulit akar lengket dibatang akar, ketika dikerik kulitnya menggunakan pisau agak susah karena lengket, sedangkan bajakah yang asli untuk obat sangat mudah di kerik kulit akarnya.


ciri lainnya dari bajakah asli adalah batangnya berpori, guratannya lebih jelas, sedangkan jenis yang beracun lebih halus. Kemudian air rebusannya berwarna seperti teh dan rasanya agak sepet / pahit. 


Sesuai dengan teori ekonomi permintaan & penawaran, semakin tinggi permintaan suatu barang maka harga barang akan ikut melambung tinggi, jika permintaan rendah maka harga barang akan turun.


Dan bisa kita saksikan sendiri, karena permintaan kayu bajakah terlalu tinggi akhirnya banyak beredar bajakah palsu.


Jadi hati hati jangan asal beli, banyak beredar bajakah palsu.


Jangan terlalu berlebihan berharap pada bajakah, apalagi hasil ujinya masih tahap awal yang dilakukan pada tikus, belum pada manusia.


Masih butuh pada tahapan berikutnya. Karena ada penelitian itu berhasil digunakan pada tikus, tetapi ketika diujicoba pada manusia hasilnya nihil.


Memang ada obat tumor dan kanker yang berasar dari tanaman herbal khas Indonesia.


Contohnya : 

Daun Sirsak

Kulit Manggis

Umbi Keladi Tikus


Jenis Kayu Bajakah 


Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa jenis bajakah sangat banyak, Namun yang populer ada 3 jenis,


1. Bajakah jenis Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Jenis pohon bajakah ini yang sedang dipercaya sebagai obat kanker. Melalui batangnya yang mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin dan saponin mampu mempercepat proses penyembuhan luka.


2. Bajakah jenis Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Bajakah jenis Kalalwit ini mempunyai kandungan phenol dan antibacterial. Selain itu juga dalam ekstrak gambir terdapat kandungan katekin yang cukup tinggi.


Kandungan ini yang dipecaya untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan hingga membantu untuk pembentukan kolagen.


3. Bajakah jenia Lamei

Jenis Bajakah Lamei ini banyak mengandung air, tidak heran jika masyarakat Kalimantan Tengah banyak yang meminum secara langsung carian yang terkandung di akarnya.


Dikutip dari lama Institut Pertanian Bogor (IPB), jenis tanaman bajakah lamei ini merupakan tanaman hutan tropis yang tumbuh dengan cara merambat.


Kesimpulan 


Bagi yang mau mencoba khasiat kayu Bajakah boleh - boleh saja. Tetapi perlu dipertimbangkan kembali terkait banyak beredarnya bajakah palsu, bajakah beracun, belum lagi baru baru ini pemda setempat melarang pengiriman kayu bajakah keluar daerah.


Referensi : KaltimKece, IndanMedika