Apa Habbatussauda Itu ?


Habbatussauda dikenal juga dengan nama Jintan hitam bahasa latinnya Nigella Sativa, merupakan tanaman obat yang berbentuk biji-bijian kecil berwarna hitam.


Habbatussauda adalah salah satu obat herbal yang telah diakui secara luas kemanfaatannya.



Habbatussauda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga sebagai bahan kosmetik, seperti memperbaiki kondisi kulit, dan bahkan mengobati kanker dan diabetes.



Kandungan Nutrisi Habbatussauda


Habbatussauda memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, di antaranya protein, karbohidrat, kalsium, natrium, zat besi, hingga lemak sehat termasuk asam linoleat dan asam oleat.


Habbatussauda juga mengandung thymoquinone, yang merupakan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang juga memiliki sifat mengurangi tumor & kanker.


Karena terlalu banyak manfaat yang bisa di dapatkan jadi teringat pada sebuah hadits tentang habbatussauda yaitu ;

 

إِنَّ هَذِهِ الحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ، إِلَّا مِنَ السَّام

 

“Sesungguhnya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian” (HR. Bukhari & Muslim).


Lafadz hadits menjelaskan bahwa habbatussauda dapat menyembuhkan semua penyakit.


Namun perlu diketahui bahwa, agar semua penyakit bisa sembuh dengan obat ini, maka perlu diperhatikan:


a) Syarat-syaratnya terpenuhi


Semisal dosis habbatussauda harus tepat sesuai diagnosis (berarti diagnosisnya juga harus tepat), jika tidak tepat maka tidak akan berpengaruh pada kesembuhan.


b) Tidak ada pencegah kesembuhan


Misalnya ada komplikasi yang memperparah penyakit sehingga obat tidak bermanfaat.

 

… Atau ada penghalang lainnya seperti obat tidak bisa diserap oleh tubuh karena ada gangguan pada percernaan atau lambung.


Sehingga jangan salahkan hadits apabila sudah mengkonsumsi habbatussauda secara rutin ternyata penyakitnya tidak sembuh - sembuh.


Bagi umat Islam sudah hal yang wajar apabila meyakini hadits tersebut yaitu pada habbatussauda ada obat untuk segala penyakit, karena mereka memiliki Iman yang kuat.


Namun sekarang ini sudah banyak kalangan peneliti luar negeri yang notabene adalah nonIslam yang berkaitan dengan hadits ini yaitu meneliti khasiat habbatussauda. Dan ternyata hasilnya memang tidak mengecewakan. 

 

Ayo sekarang kita membaca beberapa hasil penelitian mereka, manfaat apa saja yang dimiliki oleh jintan hitam yang satu ini.




Apa Saja Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan ?


Berikut ini adalah segelintir manfaat dari habbatussauda jika di konsumsi secara rutin dan sesuai dengan dosis yang tepat :


1. Habbatussauda Bisa Untuk Diet


Penelitian telah menunjukkan bahwa habbatussauda dapat membantu menurunkan berat badan.


Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders pada 2013 menemukan bahwa jintan hitam atau habbatussauda bisa efektif dalam mengatasi obesitas.


Cara Minum Habbatussauda Untuk Diet


Masukkan habbatussauda bisa berupa minyak atau serbuk ke dalam menu program diet yang dikonsumsi (rendah kalori). 


Untuk hasil terbaik, mulailah dengan dosis kecil dan tingkatkan sesuai keinginan.


2. Habbatussauda Untuk Kesehatan Kulit


Habbatussauda tidak hanya bermanfaat sebagai penyembuh segala penyakit tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. 


Dan beberapa manfaat habbatussauda dalam menjaga kesehatan kulit di antaranya:


Eksim: Menurut penelitian dalam skala kecil yang dilakukan tahun 2013, menunjukan manfaat minyak habbatussauda dapat mengurangi penyakit eksim di tangan.


Caranya : Oleskan minyak habbatussauda pada eksim 3x sehari.


Jerawat: Antimikroba dan anti-inflamasi dari minyak habbatussauda dapat menyembuhkan jerawat. 


Dalam satu penelitian 58 persen peserta mengatakan pengobatan ini sebagai baik, sementara 35 persen merasa cukup.


Caranya : campurkan minyak habbatussauda dengan jeruk nipis kemudian oleskan 2x sehari di kulit yang berjerawat.


Penggunaan habbatussauda dalam mencegah pertumbuhan jerawat disebut oleh beberapa penelitian sangat efektif, karena mengandung anti inflamasi.


Dalam satu biji jintan hitam mengandung 15 jenis asam amino, protein, Ca, FE, Na, K dengan kandungan aktif thymoquinone, dithymouinone, thymohydroquimone, tyhmol yang telah terbukti meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penuaan dini.


Thymoquinone merupakan salah satu bahan dalam biji jintan hitam yang bermanfaat untuk menghancurkan racun dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan nutrisi bagi kulit maupun tubuh.


Paduan habbatussauda dengan madu dan minyak zaitun bahkan dapat menjadi bahan alami yang telah digunakan selama ribuan tahun lalu dan baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun perawatan kulit.


3. Habbatussauda Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat


Penelitian lain menunjukan bahwa suplementasi dengan habbatussauda, mampu meningkatkan penurunan yang signifikan untuk kolesterol jahat dan juga trigliserida darah.


Studi lain pada 57 penderita diabetes menunjukkan bahwa menambahkan jintan hitam selama satu tahun menurunkan total dari kolesterol LDL.


4. Habbatussauda Untuk Membunuh Bakteri Jahat


Bakteri penyebab penyakit adalah salah satu dari daftar panjang atas infeksi berbahaya, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia.


Beberapa penelitian telah menemukan bahwa habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan efektif dalam melawan bakteri tertentu.


5. Habbatussauda Untuk Mengurangi Peradangan


Dalam kebanyakan kasus, peradangan adalah respons imun normal yang membantu melindungi tubuh terhadap cedera dan infeksi. Di sisi lain, peradangan kronis diyakini berkontribusi pada berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.


Beberapa riset juga telah menemukan bahwa habbatuusauda memiliki efek antiinflamasi yang kuat di dalam tubuh.


Dalam satu studi dengan sampel 42 orang penderita rheumatoid arthritis, dan menggunakan 1.000 mg minyak habbatussauda setiap hari selama delapan minggu mengurangi tanda-tanda peradangan.


Demikian pula, thymoquinone, senyawa aktif di dalam habbatuusauda juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada sel kanker pankreas.


Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, sebagian besar penelitian pada manusia terbatas pada orang dengan kondisi tertentu. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana habbatussauda dapat mempengaruhi peradangan secara umum.


6. Habbatussauda Untuk Melindungi Organ Hati


Hati adalah organ yang sangat penting. Berfungsi vital untuk menghilangkan racun, memproses nutrisi dan menghasilkan protein dan bahan kimia yang sangat penting bagi tubuh.


Beberapa riset yang dilakukan pada hewan telah menemukan bahwa biji jintan hitam dapat membantu melindungi hati terhadap cedera dan kerusakan tersebut.

Studi lain juga menunjukkan bahwa jintan hitam juga melindungi tikus terhadap kerusakan hati yang diinduksi.


7. Habbatussauda Membantu Pengaturan Gula Darah


Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan banyak gejala yang negatif, termasuk meningkatnya rasa haus, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi.


Jika dibiarkan dalam jangka panjang, gula darah tinggi dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih serius, seperti kerusakan saraf, perubahan penglihatan, dan penyembuhan luka yang menjadi lambat.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa biji jintan hitam dapat membantu menjaga gula darah menjadi stabil dan dengan demikian dapat mencegah efek samping yang berbahaya dari gula darah yang tinggi.


Satu ulasan dari tujuh studi menunjukkan bahwa suplementasi dengan biji jintan hitam dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi normal.


8. Habbatussauda Untuk Mencegah Radang Usus & Lambung


Radang lambung adalah luka yang menyakitkan dan terbentuk ketika asam lambung menggerogoti lapisan lendir pelindung yang melapisi lambung.


Beberapa riset menunjukkan bahwa habbatussauda dapat membantu menjaga lapisan perut dan mencegah pembentukan luka yang terjadi.


9. Habbatussauda Untuk Kecantikan


Selain bisa mengatasi bagi yang mengalami masalah jerawat, efek anti mikroba dan antiradang dari habbatussauda juga bisa menjadi solusi yang lain.


Berdasarkan sebuah riset, 58% partisipan yang menggunakan minyak ini sebagai obat jerawat menyatakan bahwa respons terhadap pengobatannya termasuk baik.


Selain itu jintan hitam dalam bentuk minyak juga dianggap mampu melembapkan rambut dan melembutkan kulit.


10. Habbatussauda Untuk Vitalitas Pria & Menjaga Kualitas Sperma


Pada sebuah percobaan klinis terhadap beberapa pria yang memiliki sperma kurang berkualitas, ditemukan bahwa penggunaan minyak habbatussauda mampu memperbaiki gerakan dan kualitas sperma menjadi lebih subur.


Meningkatkan jumlah sperma, serta meningkatkan volume air sperma itu sendiri.


11. Habbatussauda Untuk Rheumatoid Arthritis


Manfaat jintan hitam ini dalam bentuk minyak juga diyakini dapat membantu pengobatan penyakit rheumatoid arthritis.


Dalam riset yang dilakukan dengan peserta beberapa orang wanita penderita rheumatoid arthritis tingkat ringan dan sedang, diberi kapsul minyak jintan hitam atau plasebo setiap hari selama satu bulan.


Hasilnya memperlihatkan bahwa pemberian minyak jintan hitam mampu mengurangi gejala arthritis berupa peradangan dan pembengkakan sendi.


12. Habbatussauda Untuk Tumor & Kanker


Habbatuusauda menunjukkan bahwa thymoquinone dalam minyak yang terkandung di dalamnya dapat mempengaruhi kematian sel yang diprogram, atau apoptosis pada beberapa jenis sel kanker.


Ini termasuk di antaranya kanker otak, leukemia, dan kanker payudara.


Habbatussauda dipercaya memiliki kandungan yang disebut chemoagent 5-fluorurachil yang dapat menekan pertumbuhan kanker. Selain itu, kandungan thymoquinone juga dapat membantu untuk mencegah kanker payudara.


13. Habbatussauda Untuk Ginjal


Menurut sebuah studi di tahun 2013 yang dilakukan pada binatang (tikus), minyak habbatussauda ini dapat mengurangi komplikasi penyakit hati dan ginjal dan memperbaiki struktur organ. 


14. Habbatussauda Untuk Promil Kesuburan Reproduksi


Kandungan kalium yang terdapat di habbatussauda dinilai mampu meningkatkan kerja otot. Sehingga membantu untuk kesuburan repoduksi.

 

15. Habbatussauda Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Habbatussauda ternyata dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan dapat juga dijadikan sebagai bioreguler, hal ini dikemukakan oleh Prof. G. Reimuller, Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich. 


Hal ini dikarenakan oleh jintan hitam yang dapat menghasilkan sel-sel yang baik untuk menghasilkan imunitas yang kuat bagi tubuh. Dan juga Jintan hitam dapat dijadikan obat bagi serangan kanker dan AIDS.

 

16. Habbatussauda Mampu Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

 

Menurut penelitian, habbatussauda mengandung asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) yang sangat baik untuk kecerdasan otak. Selain membantu mencerdaskan otak, habbatussauda juga memperbaiki system peredaran darah ke otak sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga bagi kaum lansia.

 

17. Mengatasi Gangguan Tidur Dan Stress

 

Habbatussauda mengandung Saponin memiliki manfaat seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi metabolism karbohidrat, protein, lemak dan juga fungsi jantung, ginjal, otot tubuh serta syaraf. 


Sehingga, saponin dapat mempertahankan diri dari perubahan lingkungan yang sering terjadi, gangguan tidur dan juga menghilangkan stress.

 

18. Habbatussauda Menetralkan Racun Dalam Tubuh

 

Saponin yang terdapat dalam habbatussauda ternyata dapat membersihkan dan menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh.

 

19. Memperbaiki Saluran Pencernaan Dan Sebagai Anti Bakteri

 

Di tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat isi bahwa habbatus sauda yang mengandung minyak volatile lebih mampu untuk membunuh bakteri strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotic-antibiotik yang ada seperti Ampicillin dan Tetraciclin.

 

20. Habbatussauda Melancarkan ASI Ibu

 

Bagi para ibu yang memiliki masalah dengan ASI atau susahnya keluarnya ASI dapat mengonsumsi jintan hitam ini, karena kandungan asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan Air Susu Ibu. 


Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Potchestroom tahun 1989.


Baca juga Cara Cepat Melancarkan ASI secara Alami

 

21. Habbatussauda Untuk Tambahan Nutrisi Pada Ibu Hamil Dan Balita

 

Pada masa pertumbuhan, anak sangat membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertebal system imun mereka. Hal ini dilakukan agar anak tidak mudah terserang sakit, apalagi disaat cuaca dingin.

 

Kandungan omega 3, 6, dan 9 yang merupakan nutrisi untuk membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin terdapat juga dalam minyak jintan hitam ini. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak.

 

Dengan berbagai macam kandungan-kandungan yang terdapat dalam habbatussauda yang telah dipaparkan diatas, dapat disimpulkan habbatussauda sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 


Namun, perlu diingat juga bahwa walaupun terdapat obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, tetap harus menjaga pola hidup sehat dengan cara berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi asupan makanan yang sehat.

 

Wallahua’lam bisshawab

 

Referensi : Good Doctor