nama buah buahan, kandungan vitamin dan manfaatnya  




1. Buah Abiu (Pouteria caimito)


Abiu adalah buah yang berbentuk variasi dari bulat ke oval, menunjuk ke ujung distal.


Abiu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa bermanfaat untuk mengobati batuk / sakit tenggorokan, gangguan paru-paru seperti bronchitis, mengobati cacingan, sembelit, hingga pereda bengkak.



2. Buah Anggur (Vitis vinivera)


Buah anggur berbentuk bulat kecil dengan aneka warna ada hitam, hijau, merah.


Buah anggur mengandung vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin K, asam galat, glukosida, mangan, zat besi, dan kalsium. Buah anggur terdapat senyawa lain seperti zat polifenol dan resveratol yang dikenal sebagai antioksidan.


Buah anggur bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara, prostat, dan usus besar. Selain itu buah anggur juga dapat menurunkan resiko stroke, mengontrol gula darah, menyehatkan ginjal dan pencernaan. Kandungan lain buah anggur juga dimanfaatkan untuk antioksidan dan anti mikroba.


3. Buah Apel (Malus sylvestris)


Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika sudah matang, namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.


Buah apel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C. kandungan serat pada buah apel dapat membuat kenyang lebih lama pada lambung kita, sehingga buah apel ini cocok untuk diet dan selain itu aman untuk usus kita.


Buah apel selain membantu kerja usus halus juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi resiko gangguan pernapasan, mengontrol gula dalam darah, mengatasi masalah osteoporosis, membantu mencegah dan mengobati kanker, menurunkan kolesterol, mengatasi diare, serta menyehatkan jantung.


4. Buah Aprikot (Prunus armeniaca)


Buah aprikot yang rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh ini juga mengandung banyak air dan diperkaya beragam antioksidan dan vitamin, di antaranya vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, dan vitamin E.


Beberapa manfaat buah aprikot untuk kesehatan adalah Menjaga kesehatan usus, Menjaga kadar gula dan kolesterol tubuh, Mencegah dehidrasi

dan Membuat kulit semakin menawan.



5.Buah Asam (Tamarindus indica)


Asam adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan sebagai penambah rasa asam dalam makanan, 


Buah asam mengandung kalsium, fosfor, asam nitrat, asam malat, dan asam pipekolat. 


Buah asam bermanfaat untuk mengobati sariawan, meningkatkan nafsu makan, membantu fungsi organ pencernaan, membantu mengatur kadar kolesterol dan trigliserida, dan juga untuk mengatasi sembelit.


6. Buah Avokad (Persea americana)


Avokad memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.


Buah alpukat mengandung lemak sehat oleat (omega-9), vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, zat besi, tembaga, kalium, serat, dan asam solfat. 


Buah alpukat kaya akan manfaat seperti untuk kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, mengatur kadar gula darah, mengurangi resiko stroke, mencegah kanker, menambah berat badan dan juga bagus untuk kesehatan mata.


7. Buah Arbei (Mullberry)


Buah arbei memiliki tekstur kecil bergerombol berwarna merah menyala ketika masih muda dan menjadi kehitaman ketika sudah tua  sesuai verietasnya,


Buah arbei mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, asam folat, kalsium, dan fosfor. Buah arbei juga memiliki kandungan saponin berupa glikosida, favonoida, polofenol serta memiliki antibakteri.

Buah arbei bermanfaat untuk mengobati sariawan, untuk meringankan gejala diare, membantu melawan kanker, sebagai obat tifus dan dapat digunakan untuk mengobati maag.


8. Buah Belimbing (Averrhoa carambola)


Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas seperti bintang yang berasal dari Indonesia


Buah belimbing mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, niacin, fosfor, zat besi, kalori, protein, lemak, karbohisrat, serat dan juga kalsium. Buah belimbing bersifat antioksidan dan juga seratnya berguna bagi kesehatan pembuluh darah.


Buah belimbing dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hipertensi, menurunkan kadar kolesterol. Melancarkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, mengatasi gangguan hati, dan sebagai antioksidan alami.


9. Buah Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi)


Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi. 


Dalam 100 gram buah belimbing yang matang mengandung energi (35 kal), protein (50 gram), lemak (0,7 gram), karbohidrat (7,70 gram), kalsium (8 mg), serat (0,90 gram) vitamin A (18 RE), vitamin C (33Mg) dan niacin (0,40 gram).


Buah ini sebagai sumber vitamin, khususnya vitamin A dan C, ampuh sebagai antioksidan dalam memerangi radikal bebas. Buah ini juga mampu membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah sariawan.


10. Buah Bendo (Artocarpus elasticus)


Benda adalah sejenis pohon buah yang masih satu marga dengan nangka. Buahnya mirip dengan buah timbul, dengan tonjolan-tonjolan serupa duri lunak panjang dan pendek, agak melengket. 


Kandungan vitamin dan khasiatnya hampir sama dengan buah nangka, nanti akan dibahas setelah ini.


11. Buah Bengkoang (Pachyrhizus erosus)


Bengkoang dikenal dari umbi putihnya yang bisa dimakan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. 

Buah bengkoang mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, lemak, dan karbohidrat. 


Buah bengkoang baik untuk dijadikan sebagai bahan utama produk kecantikan. Buah ini bermanfaat mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini pada wajah, merawat kulit tetap sehat dan melembabkan kulit.


12. Buah Bluberi (Vaccinium corymbosum)


Buah blueberry mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kabohidrat dan juga lemak. Serta mengandung berbagai mineral seperti mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan juga seng.


Buah blueberry berkhasiat menjaga kesehatan mata, melindungi kulit, mencegah gangguan pencernaan, mencegah kanker, membantu mengontrol tekanan darah, mengontrol gula darah, dan juga untuk perlindungan antioksidan.



13. Buah Buni (Antidesma bunius) | Wuni (Antidesma reticulata)


Buni atau wuni adalah spesies pohon yang buahnya kehitam-hitaman ketika matang bisa dimakan mentah atau digunakan dalam masakan.


Kandungan gizi untuk setiap 100 g buah

buni dapat dilihat pada Tabel 1 di bawah ini:


Kandungan gizi Karbohidrat, Protein, Lemak , Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin A dan Vitamin C.


Salah satu manfaatnya yang paling utama adalah sebagai Antioksidan dan Antosianin.



14. Buah Cempedak (Arthocarpus champeden)


Cempedak memiliki bentuk buah, rasa seperti nangka, tetapi aroma keharumannya lebih kuat.


Buah cempedak memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. 


Manfaat utama buah cempedak adalah untuk menyehatkan mata. juga berkhasiat untuk mengobati tumor, mengurangi kolesterol dalam darah, mengusir parasit, meredakan malaria, membantu proses pencernaan, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.


15. Buah Ciplukan (Physalis angilata)


Ciplukan mempunyai buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga, tanaman ini kaya akan berbagai manfaat terutama sebagai obat herbal.


Pada pohon ciplukan mengandung senyawa-senyawa aktif yang antara lain saponin (pada tunas), flavonoid (daun dan tunas), polifenol, dan fisalin (buah), Withangulatin A (buah), asam palmitat dan stearat (biji), alkaloid (akar), Chlorogenik acid (batang dan daun), tannin (buah), kriptoxantin (buah), vitamin C dan gula (buah).


Ceplukan dapat dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik. Juga sebagai peluruh air seni (diuretic), menetralkan racun, meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor.



16. Cermai (Phyllanthus acidus)


Cermai sejenis pohon dengan buahnya kecil kecil hijau dengan rasa masam.


Buah cermai mengandung vitamin C, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, dan ribloflavin. Dan ada juga kandungan lain seperti saponin, tanin, polifenol, asam galus, zat samak, dan toksik.


Buah cermai bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti sembelit, asma, meringankan penyakit kanker, menambah daya tahan tubuh, sebagai pelangsing, menyehatkan tulang dan sangat baik untuk pertumbuhan.


17. Buah Carica (Vasconcellea pubescens)


Carika adalah kerabat pepaya yang menyukai keadaan dataran tinggi basah.


Buah carica mengandung banyak serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, enzim, papain, dan kalsium. Buah carica sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk system pencernaan.


Manfaat buah carica yang lain yaitu menetralkan dan membunuh bakteri jahat dalam usus, untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, dan melancarkan pencernaan.


18. Buah Ceri (Prunus apetala)


Ceri memiliki buah yang halus dengan hanya alur lemah di satu sisi, atau tidak ada alur. 


Buah ini banyak mengandung nutrisi, seperti vitamin C, kalium, serat, vitamin B, vitamin K, dan magnesium. Selain itu, buah ceri juga kaya akan senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan antiradang.



19. Buah Cokelat | Kakao (Theobroma cacao)


Kakao adalah pohon budidaya di perkebunan yang biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.


Buah coklat mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, asam pantotenat, karbohidrat, lemak, kafein, kalori, mineral esensial, magnesium, fosfor, feniletilamin dan juga antioksidan.


Buah coklat dikenal mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh dan juga menangkal penyebab penyakit kanker.


Manfaat lain buah coklat antara lain digunakan sebagai bahan dasar pembuatan coklat, manfaat lain untuk kesehatan yaitu sebagai penangkal bebas, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, untuk menurunkan tekanan darah, mengobati sakit batuk, mencegah gangguan pada organ hati, mencegah kanker, mencegah penggumpalan darah, dan sebagai peningkat energi serta penghilang rasa lelah.


20. Buah Delima (Punica granatum)


Delima adalah tanaman buah-buahan dengan warna kemerah merahan.


Buah delima mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, thiamine, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan juga seng.


Buah delima bermanfaat untuk mencegah osteoarthritis atau kerusakan tulang rawan, untuk mencegah penyakit Alzheimer, untuk melindungi gigi, meredakan gangguan jantung, mengobati sakit kanker, untuk menambah darah, dan sebagai obat diabetes.


21. Buah Duku (Lansium domesticum) | Langsat


Duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae dengan berbagai variasinya.


Buah duku mengandung vitamin C, vitamin E, kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, dan zat besi. Buah duku juga memiliki kandungan yang bersifat antioksidan.

Manfaat buah duku yaitu untuk menjaga kesehatan gusi, mencegah penuaan dini, mempercepat pemulihan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, menguatkan gigi,  membantu mengendalikan kadar kolesterol, menjaga kesehatan kulit, dan sebagai antioksidan untuk menghalangi kerusakan oleh radikal bebas.


22. Buah Durian (Durio Zibethinus)


Durian nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. 


Buah durian mengandung banyak gizi yang cukup lengkap, diantaranya vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan omega 6, dan antioksidan.


Buah durian memiliki jumlah kalori yang tinggi dibanding buah yang lainnya. Gula alami yang ada di dalam buah durian seperti fruktosa dan sukrosa mudah dicerna sehingga dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Selain itu buah durian memiliki kandungan potassium yang membantu mengurangi rasa lelah.


Manfaat lain buah durian adalah membantu melancarkan sistem pencernaan, membantu mengontrol tekanan darah, menyehatkan sistem kardiovaskular, mengatasi insomnia, mencegah sakit kanker, mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan tulang, meredekan batuk, menurunkan berat badan, dan juga sebagai afrodisiak alami.


23. Buah Enau (Arenga pinnata) | Aren


Semua bagian pohon aren dapat diambil manfaatnya, mulai dari akar untuk obat tradisional, batang untuk berbagai macam peralatan dan bangunan, daun muda/janur untuk pembungkus ketupat. 


Buah aren muda untuk pembuatan kolang-kaling, air nira untuk bahan pembuatan gula merah dan tepung.



24. Buah Gandaria (Bouea mcrophylla) | Jatake


Gandaria adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia banyak dibudidayakan di Sumatra.


Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. 


Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. 

25. Buah Gowok (Syzygium plychepalum)


Gowok adalah pohon buah anggota suku jambu-jambua.


Gowok sangat kaya akan kandungan vitamin C. Selain dikonsumsi langsung, di beberapa tempat buah gowok juga diolah menjadi selai. Daun yang masih muda, dimanfaatkan sebagai bahan sayuran untuk diolah atau dikonsumsi langsung sebagai lalapan.



26. Buah Jambu Biji (Psidium guajava)


Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam manis.


Buah jambu biji mengandung banyak serat pangan dan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, flavonoid, lycopene, lutein, kalium, asa pantotenat, niasin, mineral magnesium, tembaga, dan mangan.


Buah jambu biji sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain seperti, meningkatkan sistem imun, menurunkan resiko terkena kanker, mengobati diare, mengobati disentri, meredakan konstipasi, membantu mengontrol kadar glukosa, mengatur tekanan darah tinggi dan kolesterol, menjaga kesehatan mata, menjaga menyehatkan kelenjar tiroid, meredakan batuk dan pilek, menjaga kesehatan kulit dan membantu system pencernaan.


27. Buah Jambu Bol (Syzygium malaccense)


Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. 


Jambu Bol kaya akan kandungan vitamin C dan A sehingga bisa digunakan untuk kesaharan kulit, mata dan lain sebagainya.


28. Buah Jambu Mete (Anaccadium odontinale) | Jambu Monyet (Agathis labillardieri)


Jambu mete memiliki buah yang dapat dimakan, namun yang lebih terkenal dari jambu ini adalah kacang mete.



29. Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)


Jeruk Nipis memiliki buah berbentuk bulat dengan rasa kecut asam. Sering pakai untuk bumbu masak.

30. Buah Jeruk Pomelo (Citrus maxima) | Jeruk Bali


Jeruk bali merupakan jeruk penghasil buah terbesar. 


31. Buah Kapulasan (Nephelium mutabile)


Kapulasan adalah kerabat terdekat rambutan. Keduanya masuk dalam suku lerak-lerakan. Buah kapulasan sepintas mirip rambutan namun rasanya masam dan salut bijinya tidak bisa lepas. Kapulasan tidak dapat bersilang dengan rambutan.


32. Buah Kedondong (Spondias dulcis)


Kedondong memiliki buah kecut dengan serabut di tengah buah..


Buah kedondong mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, protein, lemak, energi, kalsium, fosfor, zat besi, kalori, dan juga sukrosa. Selain itu ada juga kandungan yang penting lainnya untuk kesehatan seperti senyawa tannin, saponin, dan flavonoida.


Buah kedondong mengandung banyak manfaat bagi kesehatan seperti memperlancar sistem pencernaaan, menambah energi tubuh, membantu menurunkan demam, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit jantung.


33. Buah Kelapa (Cocos nucifera)


Kandungan gizi buah kelapa tidak hanya pada daging buahnya, tetapi juga terdapat pada airnya. Kandungan gizi daging buah kelapa antara lain kalori, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.


Dan kandungan yang ada air kelapa meliputi makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak, dan dengan kandungan mikronutriennya berupa mineral dan vitamin, serta vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium, dan magnesium.


Manfaat kandungan buah kelapa yaitu untuk mengobati sakit panas dalam, sebagai penawar racun dalam tubuh, mengatasi nyeri saat haid, menurunkan panas demam, mengatasi demam berdarah, mengobati influenza, mengobati kencing batu, dan menggantikan cairan dalam tubuh.


34. Buah Kelengkeng (Dimocarpus longan)


Buah kelengkeng mengandung banyak gizi diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, kalium, seng, magnesium, dan asam tartik.

Buah kelengkeng memiliki banyak manfaat diantaranya baik untuk menenangkan dan meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi, membantu kerja jantung dn limpa, membantu mempercepat proses penyembuhan, melancarkan sirkulasi darah, sebagai pemasok energi yang baik untuk tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.


35. Buah Kesemek (Diospuros kaki)


Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki,


Buah kesemek mengandung berbagai nutrisi diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karbohidrat, serat, protein, kolin, niacin, thiamin, riboflavin, pyridoxine, asam folat, kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, beta-karoten, zinc, dan licopen.


Buah kesemek bermanfaat untuk mencegah pengerasan pembuluh darah, menjaga tekanan darah tetap stabil, membantu mencegah kanker, mencegah proses penuaan dini, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan paru-paru, dan menjaga tubuh tetap langsing.

 

36. Buah Kiwi (Actinidia deliciosa)


Buah kiwi kaya akan vitamin c, serta ada juga vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, serat pangan yang baik, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, folat, riboflavin, niacin, dan tiamin.


Buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penggumpalan darah, mengurangi resiko stroke, mengatasi hipertensi, mencegah serangan jantung, membantu penyerapan zat besi, membantu proses pencernaan, menurunkan resiko diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan juga sebagai sumber antioksidan.


37. Buah Kurma (Phoenix dactylifera)


Kurma adalah tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara.


Buah kurma mengandung banyak nutrisi, dan yang paling menonjol adalah potassium (kalium) dan magnesium. Kandungan lain yang terdapat pada buah kurma yaitu vitamin B komplek, vitamin C, boron, kalsium, kobalt, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, seng, serta terdapat senyawa antioksidan seperti tannin, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin.


Buah kurma bermanfaat untuk menambah energi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatasi gangguan usus, meningkatkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, menjaga kesehatan sistem saraf, mengatasi rabun senja, dan juga sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.


38. Buah Leci (Leachi chinensis)


Buah leci kaya akan vitamin C, energi, karbohidrat, gula, protein, lemak, kalium, sikrosa, dan glukosa. Buah leci mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang membantu melawan berbagai penyakit.


Buah leci bermanfaat bagi kesehatan yakni untuk mencegah penyakit kanker, mencegah sakit jantung, menjaga tulang tetap sehat, menjaga daya tahan tubuh, memperlancar metabolisme dalam tubuh, mengurangi proses penuaan, memberi nutrisi untuk kulit, dan sebagai antioksidan bagi tubuh.



39. Buah Lemon (Citrus limon)


Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin.


Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, potassium, zat besi, magnesium, kalsium, serta banyak kandungan senyawa fitokimia seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, hesperidin, diosmin, eriositrin, dan d-limonese.

Buah lemon bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, meredakan flu dan demam, menurunkan resiko terserang sakit jantung dan stroke, membantu melawan kolera, mencegah batu ginjal, mencegah anemia, mencegah kanker, mengatasi radang sendi, dan sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh.


40. Buah Labu | Waluh (Cucurbita)


Buah labu mengandung vitamin A, dan juga flavonoid poli-fenolik seperti leutin, xanthin, dan karoten. Buah labu kaya akan serat makanan, antioksidan, magnesium, mineral, dan berbagai vitamin.


Buah labu bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko sakit kanker, mengurangi resiko kerusakan hati, mencegah penuaan dini, menjaga daya tahan tubuh, mengurangi resiko sakit diabetes, memperlancar sistem pencernaan, membantu penyerapan kalsium oleh tulang, dan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.


41. Buah Malaka (Phylantus emblica)


Malaka atau melaka adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Dalam bahasa Jawa disebut mlåkå atau kemlåkå. Kemungkinan nama ini berasal dari bahasa Sanskerta amalaka, yang kemudian diadopsi oleh berbagai bahasa lain, proto-bahasa bahasa Melayu yang kemudiaan bahasa Malaysia dan bahasa Indonesia.



42. Buah Mangga (Magnifera indica)


Buah mangga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Buah mangga dapat bertindak sebagai disinfektan. Buah mangga dapat membersihkan darah yang kotor.

Selain itu buah mangga juga dapat mengobati gangguan kesehatan lain seperti bau badan yang tidak enak. Buah mangga bisa membantu menurunkan panas dalam tubuh saat demam.


49. Buah Manggis (Garcinia mangostana)


Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.


Buah manggis banyak mengandung berbagai nutrisi, diantaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, xhanthones, alpha mangostin, gamma-mangostin, garcinone E, catechin, polisakarida, kuonin, stilbene, polifenol, zat besi, kalsium, magnesium, dan potassium.

Buah manggis bermanfaat untuk kesehatan diantaranya melawan radikal bebas, membantu mengurangi resiko penyakit kanker, menjaga daya tahan tubuh, mengobati disentri, mengatasi diare, mengatasi masalah kandung kemih, memperlancar sistem pencernaan,menjaga tekanan darah tetap stabil, mengobati sakit TB, dan menjaga kesehatan kulit.


50. Buah Markisa (Passiflora edulio)


Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning.


Buah marikas banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Kandungan buah tersebut antara lain polifenol, karotenoid, Harman, harmol, harmalin, passflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Serta kandungan gizinya yakni energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamain, riboflavin, niasin, asam askorbat, dam asam nitrat.

Buah markisa bermanfaat untuk kesehatan sebagai penangkal kanker, mengatasi insomnia, mengobati batuk, mengobati alergi, menurunkan kadar kolesterol, memperlebar saluran pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, sebagai penurun panas, mencegah hipertensi, sebagai antiseptic, dan menjaga kesehatan kulit.


51. Buah Masoi (Cryptocaria massoi)


Masoi (Cryptocarya massoy) merupakan tumbuhan endemik asal Papua dan Maluku yang kaya akan potensi. Hampir setiap bagian dari tubuhnya sudah dimanfaatkan oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun mancanegara.


52. Buah Matoa (Ponnetia pinniata)


Matoa adalah tanaman buah khas Papua. Pohon matoa tergolong besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dan berdiameter rata-rata maksimum 100 cm. Pohon matoa umumnya berbuah sekali dalam setahun. Biasanya, pohon ini berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah tiga atau empat bulan kemudian.


Buah matoa kaya akan vitamin A dan vitamin E. Buah matoa juga mengandung glukosa jenuh, jadi sebaiknya tidak dimakan terlalu banyak Karena dapat menyebabkan anda teler.

Buah matoa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan stress, meningkatkan kesuburan, mengurangi resiko terkena penyakit kanker, mengurangi resiko terkena sakit jantung koroner, menjaga kesehatan kulit, dan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.


53. Buah Melon (Cucumis melo)


Melon merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah.


Buah melon mengandung vitamin A, vitamin C, karbohidrat, protein, lemak, dan potassium. Buah melon memiliki kandungan air yang cukup banyak seperti halnya buah semangka.

Buah melon bermanfaat untuk kesehatan seperti mencegah dari penyakit stroke, mencegah penyakit diabetes, menyehatkan mata, membantu proses pencernaan, mencegah terkena serangan jantung, dan menjaga kesehatan kulit.


54. Buah Mengkudu (Morinda citrifolia)


'Mengkudu atau keumeudee; pace, kemudu, kudu; cangkudu; koddhu; tibah berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni, nono, nonu, ungcoikan dan ach. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m


55. Buah Menteng (Baccaurea baccimosa)


Menteng merupakan jenis tanaman yang bentuknya variatif. Buah ini bisa tumbuh sebagai semak dengan tinggi 3 meter hingga pohon berukuran sedang dengan tinggi 25 meter yang agak lebat sehingga kerap dijadikan tanaman hias maupun peneduh di tepi jalan. Buah menteng sendiri berbentuk bulat dengan diameter 25-70 cm.


56. Buah Mentimun (Timonius sericcus)


Mentimun, timun, atau ketimun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.


Buah mentimun juga mengandung kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan yang ada dalam buah mentimun antara lain, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Buah mentimun bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, memperkuat serta mnyehatkan sendi, membantu mencerna protein, menjaga tekanan darah tetap stabil, melawan kanker, menjaga kesehatan kulit, dan juga sebagai antioksidan tubuh yang baik.


57. Buah Naga (Hylocereus undatus)


Hylocereus undatus, pitahaya berdaging putih, adalah spesies Cactaceae dan merupakan spesies yang paling banyak dibudidayakan dalam genus. Ini digunakan baik sebagai tanaman hias dan sebagai tanaman buah - buah pitahaya atau naga. Asal asli spesies tidak pernah terselesaikan.


Buah naga juga banyak mengandung kandungan air di dalamnya. Kandungan buah naga antara lain, vitamin C, vitamin B kompleks, kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, serta air.

Buah naga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah, menetralkan racun dalam tubuh, menjaga kesehatan mata, mengobati asma, dan juga sebagai antioksidan.


58. Buah Nanas (Ananas comocus)


Nanas, nenas, atau ananas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan. Perawakan tumbuhannya rendah, herba dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.


Buah nanas kaya akan vitamin C dan mangan, serta mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, tembaga, serat pangan, folat, dan asam pantotenik. Buah nanas juga mengandung enzim proteolitik bromelain yang berperan membantu memecah protein.


Buah nanas bermanfaat untuk mencegah kanker, membantu sistem pencernaan, mambantu menurunkan berat badan, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan peradangan, membantu penyembuhan sinusitis, memperkuat kinerja mata, dan sebagai antioksidan dari radikal bebas.


59. Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus)


Buah nangka mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan seng. Buah nangka juga mengandung kandungan gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa yang dapa diolah angsung menjadi energi.


Buah nangka bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah anemia, mengobati sakit asma, menjaga tulang tetap kuat, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, dan sebagai antioksidan.


60. Buah Pepaya (Carica papaya)


Buah pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A. buah papaya bermanfaat membantu memecah serat makanan daam sistem pencernaan dan juga membantu memperlancar saluran pencernaan makanan.


Buah papaya juga dapat menanggulangi dan mengobati berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti menyembuhkan luka dan menghilangkan infeksi. Manfaat papaya yang lain adalah dapat menghilangkan alergi.


61. Buah Persik (Prunus persica)


Persik adalah tanaman tanaman berbuah dari famili Rosaceae. Buah ini disebut juga sebagai buah táo dalam bahasa Mandarin dan momo dalam bahasa Jepang. Buah persik, kadang disebut nektarina, memiliki daging berwarna kuning dengan aroma harum dan memiliki satu biji yang keras


62. Buah Pisang (Musa paradisiaca)


Pisang adalah tumbuhan berdaun besar memanjang. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir.


Buah pisang mengandung vitamin A, Vitamin B1, vitamin B2, dan Vitamin C. manfaat buah pisang yaitu dapat membantu dalam mengurangi asam lambung dan juga membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.


Buah pisang dapat juga mengobati penyakit dan gangguan kesehatan yang lain seperti gangguan pada lambung. Selain itu buah pisang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Buah pisang juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol.


63. Buah Pir (Pyrus)


Pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. 


Buah pir mengandung mineral, vitamin C, vitamin K, vitamin B9, kalium, serat, tembaga, mangan, magnesium, dan juga vitamin B kompleks.


Buah pir bermanfaat untuk membantu menyehatkan pencernaan,mengontrol tekanan darah, mencegah sakit stroke, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit dam anti radikal bebas.


64. Buah Rambutan (Nephellium lappacium)


Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.


Buah rambutan mengandung vitamin C, vitamin A, karbohidrat, protein, serat, serta mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, niacin, potassium, zinc, dan magnesium.


Buah rambutan bermanfaat untuk memberikan antioksidan bagi tubuh, dapat mengganti sel yang rusak menjadi sel baru, membantu proses pencernaan, menjaga kesehatan mata, mengobati penyakit hipertensi, mengobati sakit diare, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker.


65. Buah Salak (Salacca zalacca)


Buah salak mengandung banyak gizi seperti, vitamin C, energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, serat dan juga vitamin B. Serat salak banyak terdapat pada kulit aria atau kulit tipis yang menempel pada daging buah salak. Karena itu saat memakan buah salak sebaiknya kulit aria tidak dibuang.


Buah salak bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah sakit kanker, mengobati sakit diare, memperlancar pencernaan, meningkatkan kecerdasan otak, dan membantu proses diet.


66. Buah Sawit (Elais guinensis)


Kelapa sawit digunakan untuk usaha pertanian komersial dalam produksi minyak sawit. 


67. Buah Sawo (Manikara)


Buah sawo mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Serta riboflavin, nisin, vitamin B6, dan vitamin E.


Buah sawo bermanfaat untuk menguatkan tulang, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, membantu pembentukan sel darah merah, mencegah kanker usus, mengobati sariawan, mencegah penuaan dini, dan sebagai obat untuk pendarahan.


68. Buah Siwalan (Borassus sp.)


Siwalan adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di banyak daerah, pohon ini juga dikenal dengan nama-nama yang mirip seperti lonta, ental, ta'al, dun tal, jun tal, tala, lontara, lontoir, koli. Juga manggita, manggitu dan tua.



69. Buah Srikaya (Annona squamosa) | Nona (Annona reticulata)


Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak. Daging buahnya berwarna putih. Termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya.



70. Buah Semangka (Citrullus lanatus)


Semangka adalah tanaman merambat yang masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci.


Buah semangka banyak mengandung air. Buah semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalori, lemak, natrium, karbohidrat, serat, asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, dan magnesium.


Buah semangka bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan resiko kanker, mengurangi resiko serangan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan ginjal, dan meningkatkan kesehatan tulang.


71. Buah Stroberi (Fragaria daltoniana)


Buah stroberi mengandung provitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin C, folat, potassium serta asam ellagic. Buah stroberi memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, dan menyimpan nutrisi yang luar biasa serta rendah kalori.


Buah stroberi mampu mengurangi kadar kolesterol, membantu mengobati kanker, dan mengurangi gejala stroke. Buah stroberi juga mampu mengobati gangguan pada kandung kemih. Biasanya buah stroberi digunakan menjadi anti virus.


72. Buah Sirsak (Annona muricata) | Nangka Belanda


Buah sirsak juga cukup banyak mengandung air. Kandungan yang ada di buah sirsak antara lain karbohidrat, lemak, asam malat, asam sitrat, asam isotrat, vitamin C,dan juga mengandung serat pangan serta senyawa fitokimia lainnya yang banyak bermanfaat untuk kesehatan.


Buah sirsak bermanfaat untuk melawan sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan energi ke tubuh, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan kulit.



73. Buah Sukun (Artocarpus altilis) | Keluih


Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai "buah roti".


74. Buah Tomat (Solanum Iycopersicum)


Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.


Buah tomat mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. manfaat buah tomat yaitu salah satunya dapat membantu membersihkan darah dan hati kita. Selain itu buah tomat juga bagus untuk kesehatan kulit kita.


Buah tomat juga dapat mencegah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan seperti gusi berdarah, rabun senja, penggumpalan darah, usus buntu, dan juga kanker prostat.


75. Buah Tin (Ficus carica) | Ara


Tin adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan dan berasal dari Asia Barat. 

Buah tin mengandung bahan laksatif, flavonoid, gula, vitamin A dan C, asam-asam dan enzim-enzim.


Buah Tin Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Hipertensi, Menjaga Berat Badan, Mencegah Sembelit, Cegah Kanker, Melancarkan Pencernaan, Mengobati Disfungsi Seksual, Mencegah Penyakit Jantung Koroner, Dapat Memperkuat Tulang.



76. Buah Vanili (Vannili planifolia)


Vanili adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. 


77. Buah Zaitun (Olea europaea)


Zaitun adalah pohon kecil tahunan dan hijau, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. 


Kandungan buah zaitun sangat lengkap seperti Vitamin, protein, lemak, oleocanthal, oleuropein aglycone dan masih banyak lagi. Buah zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.


Buah zaitun bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, menjaga dan melembabkan kulit, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah terkena serangan jantung, mencegah sakit stroke, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah osteoporosis serta meredakan radang sendi, memperkuat tulang, dan sebagai antioksidan dari radikal bebas.


78. Buah Zuriat (Hyphaene thebaica)


Zuriat merupakan tanaman yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara timur tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya.


Buat zuriat memiliki beberapa manfaat salah satunya sebagai penyubur kandungan.


Referensi : Wikipedia, Kampoeng Ilmu