apa saja penyebab sakit gigi ? 

Berikut adalah beberapa penyebab sakit gigi paling umum dan sering terjadi 
1. Kebiasaan buruk menggeretakkan gigi, konsumsi makanan manis yang berlebihan.
2. Karies Gigi / Gigi Busuk
3. Gigi berlubang / Gigi patah / retak
4. Penyakit gusi
5. Gigi sensitif 
6. Tumbuh gigi bungsu
7. Tambalan gigi lepas 
8. Kebersihan gigi tidak di jaga dan Infeksi Bakteri

bisakah sakit gigi sembuh sendiri ?

Jawabnya bisa saja, tetepi kemungkinannya sangat kecil terlebih lagi kalau tidak ada upaya untuk mencegah atau mengobatinya. 

Kalau kamu takut untuk ke dokter gigi karena beberapa faktor, kamu bisa mencoba menggunakan obat untuk sakit gigi alami, seperti Berkumur dengan air garam hangat atau konsumsi bawang putih.

benarkah garam bisa mengobati sakit gigi ?

Para ahli percaya bahwa kandungan nutrisi serta vitamin yang ada di garam mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Meski tidak sepenuhnya bisa mengobati sakit gigi. Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika kandungan mineral serta nutrisi lain pada garam mampu meredakan radang juga nyeri pada gigi. 

Tentunya garam bisa menjadi alternatif alami untuk mengobati sakit gigi jika sakitnya di akibatkan oleh infeksi bakteri.

Lalu bagaimana dengan bawang putih, benarkah bawang putih obat sakit gigi ?
Salah satu cara yang sering digunakan oleh orang zaman dulu untuk mengobati sakit gigi adalah menggunakan bawang putih. Ternyata penggunaan bawang putih sebagai obat herbal ini bukan tanpa alasan. Joe Lewis, praktisi kesehatan dari Amerika menyebutkan bawang putih mengandung alisin, zat yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi termasuk mengurangi ngilu saat sakit gigi.

kenapa sakit gigi berlubang tidak sembuh sembuh ? 

Sakit gigi berlubang perlu penanganan khusus oleh dokter ahli gigi. Sehingga segera datang ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. 

Karena Gigi berlubang yang dibiarkan tanpa penanganan memang lama-kelamaan dapat menimbulkan rasa sakit. Lubang pada gigi memudahkan sisa makanan untuk tersangkut di dalamnya, sehingga semakin memudahkan aktivitas bakteri yang menyebabkan kerusakan enamel gigi berlanjut. Akibatnya lubang pada gigi semakin bertambah besar. Bila lubang sudah mencapai ruang pulpa (rongga dalam gigi yang berisi pembuluh darah dan saraf yang sensitif) maka rentan terjadi pulpitis, yaitu peradangan pada pulpa. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya sakit gigi yang seringkali tidak tertahankan.

apa saja obat sakit gigi berlubang ?
Berikut ini adalah beberapa upaya pencegahan agar tidak semakin parah 

1. Garam

Saat sakit gigi menyerang, umumnya dokter gigi belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengatasi sakit yang Anda rasakan. Selain dengan minum obat yang diberikan, satu-satunya cara yang cukup ampuh untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang adalah dengan larutan air garam.

Garam yang memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri ini bisa menjadi obat gigi paling ampuh untuk meredakan sakit gigi berlubang. Selain itu garam juga dapat menjadi bahan yang bagus untuk perawatan gigi berlubang. Caranya, larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 gelas air. Setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya hilang.

2. Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih yang dipercaya memiliki kandungan anti-septik alami ini juga dapat menjadi obat gigi yang ampuh. Dimana bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri. Caranya, Anda bisa mengunyah bawang putih ataupun menempelkannya di bagian gigi yang sakit.

3. Cuka Apel

Cuka apel atau cuka dapur juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk sakit gigi berlubang. Dimana kandungan antimikrobal dan antibakteriannya mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Anda bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur. Atau bisa juga dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

4. Jahe

Jahe yang dikenal sebagai obat tanaman keluarga ini ternyata juga efektif untuk menghentikan nyeri saat sakit gigi menyerang. Dimana kandungan antibiotiknya mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Caranya, Anda bisa menumpuk 1 siung jahe kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang.

apakah sakit gigi bisa dicabut ?

Sakit gigi bisa dicabut dengan syarat apabila perawatan saraf (endodontik) sudah bukan lagi menjadi indikasi. Namun jika kondisi tidak memungkinkan maka tindakan cabut gigi harus ditunda dulu dan dilakukan perawatan saja.

Sakit gigi adalah penyakit yang umum tidak hanya menyerang orang dewasa saja tapi anak anak dan ibu hamil juga bisa mengenainya.

obat untuk sakit gigi anak 

Di antara obat sakit gigi anak yang tersedia parasetamol / sanmol, parasetamol adalah pilihan yang paling aman. Namun, cocoknya untuk sakit gigi yang tergolong ringan. Untuk sakit gigi yang lebih berat, gunakan obat lainnya.

obat untuk sakit gigi ibu hamil

Sakit gigi merupakan permasalahan yang banyak ditemui pada siapa saja termasuk ibu hamil, namun dalam memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil tidak dapat sembarangan.

Sebab obat yang dikonsumsi dapat memberikan pengaruh terhadap janin.
Sebab ibu yang sedang hamil sangat mudah terkena penyakit gigi dan gusi, hal ini disebabkan oleh hormon pada kehamilan.

Hormon kehamilan akan membuat gusi pada ibu hamil menjadi sangat sensitif.


obat untuk sakit gigi paling ampuh

Obat Sakit Gigi



obat untuk sakit gigi dan gusi bengkak

obat sakit gigi