Bersiwak adalah kegiatan membersihkan gigi dan mulut dengan kayu siwak. Kegiatan ini merupakan perbuatan yang sangat disukai oleh Rasulullah shollallohu alaihi wasallam.


Testimoni Siwak Holder

Kayu siwak atau miswak adalah ranting atau akar dari pohon Araak yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Kayu siwak ketika digunakan hendaknya lembut, sehingga tidak merusak gusi dan email gigi.

Siwak yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak karena bisa merusak gusi dan email gigi; cara melembutkan siwak agar tidak keras adalah dengan cara menggigit – gigit bagian ujungnya sampai lembut baru di gunakan.

Hukum Bersiwak

Hukum bersiwak ini adalah sunnah – tidak wajib – dalam seluruh keadaan, baik sebelum shalat ataupun selainnya. Dan ini merupakan pendapat yang rajih menurut kami. Ini juga merupakan pendapat jumhur ulama.

Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahuanhu mengabarkan bahwa Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda :

Seandainya aku tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali setiap kali hendak mengerjakan shalat.” HR Bukhari (no. 887) dan Muslim (no. 588)

Keutamaan Bersiwak

Bersiwak merupakan pekerjaan yang ringan namun memiliki keutamaan yang banyak baik dari sisi duniawi maupun sisi akhirat.

Keutamaan dari sisi duniawi adalah berupa :
- Mulut menjadi bersih, tidak berkuman
- Gisi menjadi putih dan kesehatannya selalu terjaga,
- Menghilangkan bau mulut yang tidak sedap

Sedangkan dari sisi akhirat adalah :
- Ittiba’ kepada Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam
- Mendapatkan keridhaan dari Allah taala
- Lebih disukai malaikat

Berbagai uji coba telah banyak dilakukan oleh orang orang barat untuk mengetahui manfaat dari kayu siwak ini. Sedangkan fakta ilmiah dari siwak antara lain :

Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids.

Kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.

Sebagai seorang muslim kita cukup percaya kepada Dalil yang Shahih maka kita ada bisa mendapatkan banyak keutamaanya tanpa perlu repot – repot melakukan penelitian seperti yang dilakukan oleh orang barat.

Kapan waktu yang disunnahkan untuk bersiwak ?
  1. Setiap akan shalat dan wudhu
  2. Ketika mau masuk rumah
  3. Saat bangun tidur di waktu malam
  4. Ketika hendak membaca Al-Qur`an
  5. Saat bau mulut berubah
Karena keutamaan yang begitu besar bisa di dapatkan hanya dengan bersiwak, maka sudah sepantasnya bagi seorang muslim untuk membiasakan kebiasan baik ini.

Jika di negara Timur Tengah seperti Saudi Arabia sangat mudah untuk mendapatkan kayu siwak, tetepi berbeda hal nya dengan di Indonesia. Karena pohon araak masih belum ada di negeri ini, semoga kedepannya ada dan bisa didapatkan dengan mudah.

Tetapi jangan kawatir walapun Pohon araak belum ada di Indonesia, produk kayu siwak sudah banyak di Indonesia, ada merk as sunnah, al khoir, zehbi dan masih banyak lain merk lain yang bisa kamu dapatkan di negeri tercinta ini.

Saat ini siwak in holder sudah banyak beredar di Indonesia, siwak holder adalah siwak yang memiliki tempat khusus agar tidak mudah hilang atau cepat rusak.

Kamu cari siwak holder ? Cari pusat grosir siwak holder murah ?

Beli aja disini. Dapatkan harga terbaik dari kami, karena kami menyediakan siwak holder dengan beberapa merk seperti al khair, us sunnah dan zehbi.

1. Siwak Holder Al Khair

Siwak merk ini merupakan produk dari pakistan, dan cukup terkenal disampaing harganya yang murah, kualitasnya juga cukup bagus.
Holder Siwak Al-Khair dipakai untuk menjaga agar siwakmu tetap steril, Holder masih bisa dipakai berulang-ulang kali dan mudah dibawa kemana-mana.

siwak holder al khair
Siwak Holder Al Khair


2. Siwak Holder Us Sunnah

Siwak merk ini juga sama seperti merk al khair sama sama dari Pakistan, dari segi kualitas juga sama, segi harga juga hampir sama.

siwak holder us sunnah
Siwak Holder Us Sunnah