Cantengan adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit.

Kondisi ini sering terjadi pada bagian jempol kaki walaupun terkadang pada jari tangan juga ada. Cantengan sering dialami pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal mengalahkan daging jari.

Meskipun cantengan dapat sembuh, kondisi ini berisiko kambuh berulang kali atau  menimbulkan komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Komplikasi akibat cantengan dapat menjadi serius terutama pada orang yang menderita diabetes atau kelainan pembuluh darah.

Cantengan cukup sering terjadi tidak kenal usia tua muda, pria wanita bisa terkena cantengan.

Kenapa jempol kaki bisa cantengan? Ini penyebab cantengan :

• Memotong kuku dengan tidak benar. Jika kuku jari kaki dipotong terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, dapat menyebabkan kulit jari kaki tumbuh tidak normal dan menembus kulit.

• Bentuk kuku seperti Kipas. Yaitu bagian ujung lebih lebar dari pada bagian ujung, Bentuk kuku yang seperti ini menyebabkan kuku lebih mudah menusuk kulit.

• Kaki sering berkeringat. Keringat pada kulit jari kaki dapat menyebabkan kuku menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga terselip pada kulit.

• Cidera kaki. Cedera pada kaki, misalnya akibat tersandung atau menendang benda keras secara tidak disengaja, dapat menyebabkan kerusakan kuku atau membuat kuku menancap pada kulit.

• Menggunakan sepatu atau kaos kaki yang ketat dan sempit. Kaos kaki dan sepatu yang sempit akan menekan jari jari kuku kaki, sehingga dapat menembus kulit.

• Kurang menjaga kebersihan kaki.  Kebersihan kaki penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kuku kaki yang kotor bisa menjadi tempat bakteri bertumbuh subur, sehingga memicu infeksi kuku atau cantengan.

• Faktor genetik. Adanya kelainan genetik membuat bentuk kuku cenderung melengkung ke dalam sejak lahir. Kuku dengan kondisi seperti inilah yang sering menyebabkan seseorang mengalami cantengan.

Cara Menyembuhkan Cantengan Dengan Cepat

1. Rendam jari dalam air hangat yang berisi garam epsom.

Apa itu garam epsom ?

Garam epsom adalah garam magnesium sulfat atau lebih dikenal di masyarakat umum sebagai garam mandi. Jika garam dapur memiliki rasa asin, garam epsom justru memiliki rasa pahit yang tidak enak di lidah.

Garam epsom memiliki kandungan antibakteri yang bisa membunuh bakteri, ini salah satu alasan mengapa mengobati cantengan menggunakan garam ini.

Cara ini juga adalah cara mengobati cantengan yang mudah tanpa operasi

Garam ini membantu membunuh kuman di kaki serta mengurangi iritasi pada kulit. 

Caranya adalah Gunakan air hangat yang telah dicampur garam epsom untuk merendam kaki selama kurang lebih 15 - 20 menit, sambil dipijat / dibersihkan pada bagian yang kotor. Lakukan hal ini 3 kali sehari.

2. Pakai cuka apel

Cara mengobati cantengan berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel . 

Caranya, Kita dapat menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat untuk merendam kaki selama kurang lebih 20 menit, sambil bersihkan bagian yang cantengan. Uangi 3x sehari terutama sebelum tidur jangan sampai lupa.

Meskipun belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat cuka apel sebagai obat cantengan alami, tetapi ada beberapa ahli yang menduga bahwa cuka apel memiliki sifat antiseptik, antinyeri, dan antiradang sehingga dapat mengatasi cantengan.

3. Pakai super green plus jk-7 100% Alami

Cara yang terakhir ini adalah cara mengobati cantengan yang paling jitu dari yang sebelumnya, yaitu menggunakan super green plus jk7, Selain itu obat ini juga bisa untuk mengobati cantengan bernanah.

Manfaat super green plus jk7

Dengan izin Allah dapat mengobati Jamur kuku, jamur kepala, kutu air, kulit bersisik, kaki pecah-pecah, panu, eksim, kutil jengger ayam, herpes, buras (ruam putih di wajah), menghilangkan noda hitam di kulit, anti nyamuk, dan juga untuk menghaluskan dan melembutkan kulit.

Foto produknya bisa dilihat dibawah ini ;

super green plus jk7


Komposisi : ekstrak getah palma, ekstrak alstonia sholaris, ekstrak gandapura, ekstrak peppermint, ekstrak daun sirih, minyak serai, minyak lengkuas.

Cara menggunakan super green plus jk7

Caranya adalah ;

- Teteskan super green plus jk-7 pada jari yang mengalami cantengan untuk mengobati jamur kuku, bakteri, Ku man dan lainnya. 

- Kemudian, tutupi jari yang sakit dengan menggunakan perban kasa. Lakukan ini 3 kali sehari, 

- walaupun rasa sakit sudah hilang pemakaian jk-7 tetep dilanjutkan sampai kuku tumbuh normal yang menandakan bahwa jamur yang ada di dalam kuku sudah benar – benar lenyap.

Berapa harga super green plus jk7 ? Harganya tidak terlalu mahal kurang lebih hanya 28.000 saja. Bisa dicek di marketplace seperti shopee, tokopedia atau bukalapak.

Berikut ini adalah salah satu link yang bisa dijadikan referensi Super Green Plus JK7 Obat Cantengan Jamur Kuku.

Tinggal Klik klik pesan, datang. Selamat mencoba.

Testimoni Super Green Plus JK7

testimoni super green plus jk7


Itulah penjelasan mengenai 3 cara jitu mengobati cantengan secara alami. 

Bagi kamu yang punya pengalaman menarik terkait cara mengobati cantengan secara alami bisa share ke kami. Barang kali bisa bermanfaat bagai yang lainnya.