Cantengan adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit.

Kondisi ini sering terjadi pada bagian jempol kaki walaupun terkadang pada jari tangan juga ada. Cantengan sering dialami pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal mengalahkan daging jari.

Meskipun cantengan dapat sembuh, kondisi ini berisiko kambuh berulang kali atau  menimbulkan komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Komplikasi akibat cantengan dapat menjadi serius terutama pada orang yang menderita diabetes atau kelainan pembuluh darah.

Cantengan cukup sering terjadi tidak kenal usia tua muda, pria wanita bisa terkena cantengan.

Kenapa jempol kaki bisa cantengan? Ini penyebab cantengan :

• Memotong kuku dengan tidak benar. Jika kuku jari kaki dipotong terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, dapat menyebabkan kulit jari kaki tumbuh tidak normal dan menembus kulit.
 Bentuk kuku. Bentuk kuku yang seperti kipas menyebabkan kuku lebih mudah menusuk kulit.
• Kaki berkeringat. Keringat pada kulit jari kaki dapat menyebabkan kuku menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga terselip pada kulit.
• Cidera kaki. Cedera pada kaki, misalnya akibat tersandung atau menendang benda keras secara tidak disengaja, dapat menyebabkan kerusakan kuku atau membuat kuku menancap pada kulit.
• Menggunakan sepatu atau kaos kaki yang ketat dan sempit. Kaos kaki dan sepatu yang sempit akan menekan kuku kaki, sehingga dapat menembus kulit.
• Kurang menjaga kebersihan kaki.  Kebersihan kaki penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kuku kaki yang kotor bisa menjadi tempat bakteri bertumbuh subur, sehingga memicu infeksi kuku atau cantengan.
• Faktor genetik. Adanya kelainan genetik membuat bentuk kuku cenderung melengkung ke dalam sejak lahir. Kuku dengan kondisi seperti itulah yang menyebabkan seseorang mengalami cantengan.

Cara Menyembuhkan Cantengan Dengan Cepat

1. Rendam jari dalam air hangat yang berisi garam epsom.

Cara ini dalah cara mengobati cantengan tanpa operasi. Garam ini membantu membunuh kuman di kaki serta mengurangi iritasi pada kulit. Gunakan air hangat untuk merendam kaki selama sekitar 15-20 menit. Lakukan hal ini 3 kali sehari.

2. Pakai cuka apel

Cara mengobati cantengan berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel . Anda dapat mencoba menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit.

Meskipun belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat cuka apel sebagai obat cantengan alami, banyak ahli yang menduga bahwa cuka apel memiliki sifat antiseptik, antinyeri, dan antiradang sehingga dapat mengatasi cantengan.

3. Pakai super green plus jk-7 100% Alami

Cara yang terakhir ini adalah cara mengobati cantengan yang paling jitu dari yang sebelumnya. Selain itu bisa juga untuk mengobati cantengan bernanah.

Super Green Plus JK7
Super Green Plus JK-7


Komposisi : ekstrak getah palma, ekstrak alstonia sholaris, ekstrak gandapura, ekstrak peppermint, ekstrak daun sirih, minyak serai, minyak lengkuas.

Caranya teteskan super green plus jk-7 pada jari yang mengalami cantengan untuk mengobati jamur kuku. Kemudian, tutupi jari yang sakit dengan menggunakan perban kasa. Lakukan ini 3 kali sehari, walaupun rasa sakit sudah hilang pemakaian jk-7 tetepa dilanjutkan sampai kuku tumbuh normal yang menandakan bahwa jamur yang ada di dalam kuku sudah benar – benar lenyap.

Itulah penjelasannya 3 cara jitu mengobati cantengan secara alami. Kalau kamu ingin membeli cuka apel ataupun super green plus jk-7, beli saja disini. Kamu enggak perlu repot-repot keluar rumah, atau mungkin ingin belanja di marketplace seperti  bukalapak / tokopedia,/ shopee ketika aja Super Green Plus JK7 Obat Cantengan Jamur Kuku Herpes setelah itu pesananmu akan diantar menggunakan ekspedisi kesukaan mu. Selamat mencoba.