Pengertian Ikan Salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan dari famili salmonidae. Ikan lain yang berada dalam satu famili dengan salmon adalah trout. Perbedaan kedua jenis ikan tersebut antara lain: salmon bermigrasi, sedangkan trout hidup menetap.

Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke laut, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi.

Ada kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat ia dilahirkan untuk berkembang biak. Penelitian menunjukkan demikian, namun mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut karena sudah takdir ilahi. Sumber Wikipedia

Kandungan Gizi Ikan Salmon

Ikan ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Selain mengandung banyak protein, salmon juga sudah lama dikenal sebagai ikan yang kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Beberapa mineral penting yang ada dalam ikan salmon antara lain kalium, selenium, dan vitamin b12. Kandungan lain yang terdapat di dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat ini merupakan asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam epa (eicosapentaenoic acid) dan dha (docosahexanoic acid).

Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil

a. Menaikan Derajat Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Hasil temuan para ilmuwan dari university of granda menunjukkan, konsumsi dua porsi salmon seminggu dapat mempromosikan kesehatan ibu hamil dan bayi secara keseluruhan.

b. Sebagai Antioksidan Ibu Dan Janin

Ikan salmon juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dari saat sebelum hingga sesudah melahirkan. Antioksidan berperan untuk membuang racun dalam tubuh ibu hamil.

c. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ikan salmon mengandung protein serta vitamin yang berperan sangat bagus untuk tumbuh kembang otot serta sistem kekebalan tubuh janin. Selain itu, kandungan proteinnya juga sangat baik untuk mengatur hormon, sebagai sumber energi. Sedangkan vitamin, terutama vitamin a sangat baik untuk kesehatan mata dan masih banyak lagi vitamin yang lainnya.

d. Membantu Membentuk Organ Jantung Dan Darah

Selain dha, ikan salmon juga mengandung epa yang berfungsi untuk membantu membentuk organ jantung, sel darah serta dapat melancarkan sistem peredaran darah.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi

a. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Salah satu jenis ikan laut ini memang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi sehingga penting untuk mengoptimalkan otak bayi agar lebih cerdas. Tak untuk bayi, ikan salmon juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Saat hamil memerlukan nutrisi yang penting untuk perkembangan janin sehingga bayi yang dilahirkan akan lebih optimal. Perkembangan otak pada bayi memang harus diberi nutrisi yang khusus sehingga nantinya akan menjadi anak yang cerdas.

b. Mengoptimalkan Indera Penglihatan Bayi

Ikan salmon mengandung dha yang berperan untuk mengantarkan rangsangan saraf menuju otak yang berfungsi untuk mengoptimalkan indera penglihatan, sehingga akan mengurangi risiko kebutaan pada bayi kelak setelah dilahirkan. Selain itu, dha juga berfungsi untuk mengurangi risiko keguguran.

c. Mencegah Penyakit Jantung Pada Bayi

Selagi masih bayi kesehatan jantung juga harus diperhatikan. Penelitian menyebutkan bahawa penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, baik orang tua atau masih bayi. Kandungan ikan salmon ini dapat menghancurkan lemak jahat yang menyumbat pada saluran arteri. Penyumbatan saluran arteri inilah yang menyebabkan gejala jantung pada bayi.

Minyak Ikan Salmon Untuk Anak. Perlukah Anak Konsumsi Minyak Ikan?

Pada saat ini, banyak suplemen yang ditawarkan dengan manfaat tertentu untuk tubuh. Sebenarnya alam telah menyediakan manfaat yang berlimpah untuk kesehatan melalui menu makanan seimbang yaitu menu bervariasi dengan porsi sesuai kebutuhan tubuh.
Untuk perkembangan otak yang baik, diperlukan berbagai nutrisi yaitu ;

    protein untuk membangun strukturnya didapat dari lauk pauk hewani dan nabati
    lemak (asam lemak esensial-omega-3 dan omega-6) untuk sintesa membran sel neuron didapat dari ikan, minyak ikan, telur, daging, kedelai. Baca Susu Kedelai Organik
    vitamin untuk reaksi kunci terdapat dalam buah dan sayur
    mineral untuk penghantar impuls saraf, terdapat dalam buah, sayur dan lauk pauk.

Asam Lemak Omega-3 Dan Omega-6

Dikatakan asam lemak esensial karena nutrisi tersebut dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita (untuk semua usia), tetapi tubuh kita tidak dapat membuatnya dan harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Menu makanan kita biasanya sudah  kaya akan omega-6, oleh karena itu diusahakan untuk mengkonsumsi omega-3.

Omega-3
Ada tiga jenis omega-3: alpha-linolenic acid (ala), eicosapentaenoic acid (epa) dan docosahexaenoic acid (dha). Tubuh kita mempunyai enzim yang merubah ala menjadi epa dan dha.

Sumber Omega-3 Alami Di Dalam Makanan :
• ala ditemukan pada kacang walnut, flaxseed, minyak flaxseed dan telur
• epa dan dha banyak ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel, hering dan sarden sumber omega-6 alami di dalam makanan :
 daging, jagung, minyak bunga matahari, kedelai
Jadi menu keseharian sudah mencukupi, maka konsumsi suplement ikan tidak perlu. Namun bila dirasa tidak mencukupi maka sangat perlu untuk tambahan suplement.

Merk Minyak Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil

1. Salmon Fish Liver Oil Squalene
Omega-3 memang bisa ditemui di beberapa makanan, seperti ikan salmon. Namun untuk ibu yang ingin serba praktis, salmon fish liver oil squalene adalah pilihan tepat.

Gambar minyak ikan salmon


Suplemen berbentuk softgel dapat kamu konsumsi untuk menghindari risiko penyakit jantung, mengencerkan darah, mengurangi kolesterol dan baik untuk perkembangan otak janin tentunya.

2. Minyak Ikan Salmon
Minyak ikan salmon sangat aman dikonsumsi oleh balita, ibu hamil dan ibu menyusui. Minumna ini menrupakan sumber protein untuk masa pertumbuhan anak dan pembentukan otak, karena mengandung vitamin a, vitamin d dan omega-3 yang tinggi. Minyak ikan salomn juga menyimpan dha yang dapat mempertajam daya pikir, sehingga ibu tidak mudah lupa dan perkembangan otak bayi lebih maksimal.

Aturan Minum Omega 3 Salmon

* Dewasa : 2 x 2 softgel
* Anak-anak : 1 x 2 softgel

Efek Samping Minyak Ikan Salmon

Efek samping minyak ikan antara lain adalah sendawa, bau mulut, misisan atau alergi. Yang paling bagus adalah konsumsi ikan salmon segar. Usahakan pilih jenis ikan salmon yang masih segar dan lakukanlah proses pemasakan yang baik dan benar. Namun jangan mengonsumsi ikan salmon secara mentah dan terlalu banyak, karena dikhawatirkan paparan merkuri akan mengganggu kesehatan bayi.