3 Cara diet paling aman dan tidak membahayakan

Banyak orang melakukan diet dengan harapan bisa mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Sayangnya, kurangnya pengetahuan tentang cara diet yang benar membuat banyak orang melakukan diet yang salah. Diet yang salah justru tidak akan membawa hasil dan manfaat. Malah sebaliknya, bisa berakibat buruk bagi tubuh dan kesehatan.

Berikut ini akan dijelaskan 3 cara diet paling aman dan tidak membahayan tubuh :

1. Makan Makanan yang Sehat, Halal dan Toyyib

Cara diet sehat alami yang pertama adalah dengan memilih makanan yang konsumsi sehari-hari. Ya, pemilihan asupan makanan yang tepat memegang peran penting untuk kesuksesan program diet.

Cara diet sehat ini dapat  dilakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Makanan dengan gula tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi pula sehingga buruk bagi tubuh. Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat saja.

Sebaliknya, kalau mau menjalani diet sehat alami, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Tetapi, bukan berarti menghindari makan nasi atau makan lauk-pauk. Semua makanan itu tetap diperlukan bagi tubuh, namun harus mengatur porsinya dengan baik, jangan sampai berlebihan.

Setelah memilih makanan yang tepat, maka cara diet sehat selanjutnya adalah mengatur porsi makanan tersebut, harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari.
Untuk menerapkan cara diet sehat, ingatlah selalu bahwa dalam satu kali makan harus menyeimbangkan semua zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah jangan berlebihan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, karena banyak orang sering meremehkan yang satu ini. Padahal, cara diet sehat dengan mengganti gula dengan pemanis yang lebih sehat adalah salah satu ampuh untuk menurunkan berat badan.

Ingat, gula dan makanan manis adalah makanan penyebab berat badan berlebih, dan tentu saja buruk bagi kadar gula darah bisa menyebabkan diabetes.

2. Olah Raga Secara Teratur

Olahraga adalah cara diet sehat alami yang paling mudah untuk dilakukan. Pasalnya diet sehat alami tidak akan optimal jika tidak dibarengi dengan olahraga. Oleh sebab itu, mulai sekarang jadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup sehat.

Pasalnya, tubuh perlu mengeluarkan dan membakar kalori-kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalau bukan dengan olahraga rutin, dengan cara apa lagi tumpukan kalori (yang berbentuk lemak) itu bisa dihilangkan?

Jadi, mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setiap hari, setidaknya 30 menit. Nah, untuk memulainya, bisa berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah, atau cara cara lain lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu.

3. Konsumsi Madu

Madu Diet At Thoifah

Madu adalah zat manis alami yang dihasilkan lebah dari nectar bunga. Madu telah dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan digunakan sebagai aspek penting untuk obat-obat tradisional. Madu menjadi begitu popular karena sangat mudah untuk dikonsumsi dan mudah di temukan.

Disamping itu, ternyata manfaat madu lainnya yaitu dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan. Hal ini dikenal dengan nama “Diet Madu”. Berikut akan dijelaskan lebih jauh mengenai diet madu yang belum banyak diketahui.

a. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam melakukan diet, haruslah dihindari konsumsi gula berlebihan. Memang tidaklah mudah untuk meninggalkan gula dalam makanan atau minuman, karena gula menjadi bahan makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun demi memperlancar metabolisme, maka gantilah gula dengan madu pada saat melakukan diet. Madu sangat kaya akan nutrisi sehat seperti vitamin dan mineral, ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

b. Rendah Kalori

Madu memang terkenal memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, untuk kesehatan maupun kecantikan. Ini karena madu memiliki kandungan kalori 40% lebih rendah dan mampu memberikan energi yang besar dengan tidak menambahkan berat badan. Satu sendok madu kurang lebih hanya mengandung 65 kalori. Cukup rendah bukan? Madu sangat cocok untuk diet menurunkan berat badan.

c. Madu Sebagai Sumber Energi

Madu memang memberikan energi yang besar bagi tubuh. Menurut USDA (United States Department of Agriculture), madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok. Itulah yang membuat madu menjadi sebuah sumber energi tubuh. Karbohidrat dalam madu dapat diubah menjadi glukosa, oleh sebab itulah madu menjadi mudah di cerna dan aman dikonsumsi untuk diet.

d. Takaran Konsumsi Madu Untuk Diet

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, walaupun hal itu memiliki khasiat yang baik dan dinyatakan aman, ada baiknya dilakukan berdasarkan prosedur yang ada. Jika mengonsumsi madu, ada baiknya mengetahui takaran konsumsinya.  Mengonsumsi madu saat melakukan diet setiap hari ada batasannya yaitu maksimal 4 sendok makan dalam sehari-hari. Gunakan takaran tersebut untuk hasil yang baik.

Semoga tiga cara tersebut bisa menjadikan tubuh kita sehat dan kuat, karena tubuh yang sahat dan kuat itu lebih baik dari pada tubuh yang sakit. He He He. Masih banyak cara lain yang bisa dicoba untuk program diet salah satunya adalah cara ini : Menghilangkan Lemak Tubuh dengan Green Caffe.