Pegagan memiliki nama latin Centella Asiatica merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia, kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.


Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. Sering digunakan sebagai penutup tanah, adakalanya dimakan sebagai sayuran. Berkhasiat sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Berikut ini manfaat pegagan untuk kesehatan :

1. Melancarkan aliran darah

Pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah terutama pada orang-orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki.

Kandungan triterpenes pada tumbuhan ini juga memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan kimia ini juga diketahui menstimulasi pembentukan kolagen serta glikosaminoglikan yang merangsang penyembuhan luka.

2. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada tahun 2016 membandingkan efek ekstrak daun pegagan dan asam folat untuk meningkatkan fungsi otak setelah stroke.

Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa pegagan dan asam folat sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa pegagan lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang setelah stroke dibanding asam folat.

3. Meredakan kecemasan dan stres

Kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan lagi-lagi memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Salah satunya adalah meredakan kecemasan dan stres.

Efek pegagan pada fungsi otak juga dapat membuatnya menjadi obat antidepresan yang efektif. Sebuah penelitian mendukung temuan tersebut. Penelitian yang dilakukan pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum menemukan bahwa ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat menurunkan stres, kecemasan, bahkan depresi.

Para ahli kemudian menduga bahwa ekstrak gotu kola dapat dijadikan sebagai pengganti obat antidepresan.

Lebih lengkap terkait ini bisa kamu baca di Manfaat Herbal Daun Pegagan.

Karena banyaknya manfaat yang bisa di ambil dari tamanam ini maka mulai banyak bermunculan obat tradisional yang memanfaatkan tumbuhan ini.

Berikut ini beberapa produk herbal dari tanaman pegagan yang lumayan best seller di pasaran :

1. Kapsul Pegagan Toga Nusantara

Produk herbal ini memiliki Isi : 50 Kapsul setiap kapsul nya mengandung 500 mg centella asiatica.

kapsul pegagan ekstrak
Centella Asiatica Pegagan


Kapsul pegagan ini di produksi oleh CV Toga Nusantara yang merupakan salah satu produsen terkenal dengan berbagai macam tumbuhan Nusantara.

Centella Asiatica Pegagan ini juga sudah terdaftar di BPPOM dengan nomer registrasi POM TR.103 322 031.

Secara umum memiliki Komposisi : Pegagan (centella asiatica) murni.

Saran Penyimpanan yaitu simpan ditempat kering, dalam wadah tertutup rapat, jauhkan dari kelembaban.

Manfaat dan kegunaan dari produk herbal ini adalah :

1. meningkatkan kecerdasan, melancarkan peredaran darah ke otak, mencegah kepikunan.
2. Antihipertensi.
3. Meningkatkan ketajaman mata (visus).
4. Menambah kesuburan wanita
5. Sebagai anti lepra, manfaat lain dari senyawa asiatikosida.

Saran pemakaian :
Dewasa : 2x2 kapsul per hari Diminum 1 jam setelah makan.
Anak-anak : 1 x 2 kapsul perhari (sesuai anjuran terapis atau herbalis)


review kapsul pegagan
Review Kapsul Pegagan