Bismillah ...

Para pembaca kali ini kami akan berbagi sedikit info tentang Bekam Kering & Bekam Basah.

Bagus mana antara bekam kering atau bekam basah bagi kesehatan tubuh ?



Sebelum pembaca melanjutkan membaca alangkah baiknya untuk melihat Pada artikel sebelumnya yaitu tentang apa itu terapi bekam ? Kenapa bekam dianjurkan ? Manfaat apa yg bisa di dapat dengan berbekam ?

Nah diantara manfaat bekam adalah ...

Dengan Bekam otot jadi lebih relaks, aliran darah menjadi lancar, dapat meningkatkan atau menekan hormon, merangsang sistem kekebalan tubuh hingga dapat menghilangkan racun / zat berbahaya dari dalam tubuh.

Kita tahu Terapi bekam memiliki beragam jenis. Namun yang paling banyak digunakan adalah bekam kering dan bekam basah.

Apa itu bekam kering / bekam basah ?


1. BEKAM KERING / Terapi Bekam Kering merupakan teknik yang memanfaatkan hisapan dari mangkuk yang dipasang pada kulit selama kurang lebih 1 - 5 menit.

Terapi ini hanya mengisap kulit untuk mengeluarkan angin dari pori pori, mengencerkan darah tersumbat dan tidak sampai mengeluarkannya. 

Sedangkan ...

2. BEKAM BASAH adalah teknik yang pada prinsipnya hampir sama dengan bekam kering hanya saja ada proses mengeluarkan darah kotor dari kulit.

Proses mengeluarkan darah ini dilakukan pada kulit berupa sayatan sayatan kecil atau tusukan jarum yang sudah di ukur kedalamannya sehingga tidak merusak kulit.

Setelah mengetahui perbedaan bekam kering dan bekam basah.

Sekarang kira kira Mana  yang lebih bagus bagi kesehatan ? dan yang paling efektif digunakan, Bekam kering atau bekam basah ?

Perlu diingat sebelum melakukan bekam ada hal penting perlu disiapkan yaitu
data pasien dan pemeriksaan.

Data pasien di dapat dengan cara wawancara, melalui wawancara yang benar dan lengkap akan dapat mendiagnosis penyakit sampai 80%.

Sedangkan pemeriksaan umum meliputi tekanan darah, nadi, temperatur tubuh, pernafasan, lidah, iris dan lain lain. Yang terpenting adalah bisa mengetahui penyakitnya, boleh dengan cara diagnosis medis maupun tradisional atau gabungan dari keduanya.

Setelah mengetahui keluhan pasien melalui wawancara dan pemeriksaan maka dapat diambil kesimpulan mengenai penyakit yang sedang di alami pasien (diagnosa).

Diagnosa penyakit ini sebagai modal utama untuk menentukan langkah berikutnya mengenai jenis terapi apa yang cocok untuk dilakukan.

Sebagai contoh ...

Jika hasil diagnosa berupa masuk angin, darah rendah, capek maka terapi bekam kering sudah cukup.

Namun jika kondisinya berupa hipertensi, kolesterol dan lain sebagainya maka terapi bekam basah jauh lebih baik dan efektif.

Jadi terapi apa yang lebih bagus dan efektif bagi kesehatan kembali ke hasil diagnosa pasien, dan jangan sampai salah diagnosa ya bisa berbahaya.

Semoga sedikit informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat, apabila ada kritik, saran, pertanyaan silahkan di sampaikan di kolom comentar.