Bismillah

Pengertian Bisnis ala Toko Salaf


BISNIS adalah kesibukan dalam melakukan suatu aktivitas yang memberikan keuntungan yang halal & tayyib.

Berarti Belajar BISNIS adalah ?

Silahkan di definisikan sendiri sendiri, bebas yang penting ujungnya halal dan tayyib.

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Konsep ini bisa diterapkan di banyak bidang termasuk dalam bidang bisnis, 



Hanya satu bidang yang tidak bisa menerapkan konsep ini yaitu Bidang IBADAH, karena dalam Ibadah hanya boleh COPY PASTE tidak boleh ATM.


Konsep ATM dalam Bisnis


Konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) adalah sebuah konsep yang sudah populer dalam dunia bisnis. Jika kita seorang pengusaha yang ingin selalu eksis walau ada banyak pesaing, maka ATM adalah sebuah strategi yang bisa kita lakukan untuk tetap kreatif, berpikiran fresh serta menyediakan sesuatu yang lebih unik lagi.

Tidak bisa dipungkiri jika ATM adalah cara yang tepat untuk mendapat banyak konsumen serta bertahan dari persaingan yang ada.

Amati


Maksudnya adalah kita akan mengamati jalannya bisnis yang dijalankan oleh pesaing. Mengamati bukan hanya melihat namun lebih tepat mempelajari. Mempelajari disini bisa dikaitkan dengan produk, startegi pemasaran dan lain-lain.

Mengamati hampir sama dengan menganalisa serta menyimpulkan hasil pengamatan untuk dijadikan referensi di langkah selanjutnya, yakni Tiru. Mengamati seluk beluk bisnis pesaing adalah hal wajib yang harus dilakukan agar kita tetap eksis di dunia bisnis.

Mengamati bisa dijadikan sebagai langkah untuk evaluasi, sejauh mana kinerja yang kita lakukan selama ini.

Tiru


Usai proses pengamatan, maka hal berikutnya yang wajib kita lakukan adalah dengan menirunya. Ingat, setelah memiliki pengetahuan yang cukup, maka langkah inilah yang dikatakan sebagai action.

Memang terlihat mudah, yakni meniru saja. Namun, Kita tetap harus profesional, karena ada beberapa aspek yg dilarang meniru seperti logo, merk yang dilindungi hukum, dll.

Maka, dalam meniru, perhatikan tentang etika dan hukum yang berlaku. Ada beberapa hal yang bisa kita tiru seperti;

prinsip usaha
sistem manajemen
pola kerja
proses produksi
peralatan yang digunakan
strategi pemasaran
standar pelayanan
fighting spirit dan’ mentalitas

Dengan melakukan Amati dan Tiru, maka kita sudah bisa menghemat waktu, energy dan dana untuk menemukan ide baru. Hanya saja, tidak hanya berhenti disini. Kita juga harus melakukan langkah yang ketiga yakni modifikasi.

Modifikasi


Memang benar jika Amati dan Tiru sudah cukup bagi kita untuk tetap eksis di dunia bisnis. Hanya saja, akan terlihat membosankan bahkan cenderung monoton dan tidak kreatif jika hanya berhenti sampai sini.

Kita harus tetap memberikan sentuhan yang berbeda, tentunya yang lebih baik.

Hampir seluruh pengusaha melakukan 3 konsep ini, Amati, Tiru dan Modifikasi dalam karir bisnis mereka.

Itu karena konsep ATM ini sudah lumrah dan mudah untuk dijalankan dengan hasil yang maksimal walau dengan dana yang minim.

Kita harus lebih aware terhadap konsep ini karena bisa jadi pesaing kita juga sedang melakukan konsep ini. Artinya, Kita selalu dituntut untuk melakukan berbagai inovasi agar ide selalu terlihat segar.

Semoga sedikit informasi yg kami bagikan ini bisa bermanfaat, apabila ada kritik, saran, pertanyaan silahkan di sampaikan di kolom comentar.

Referensi :
https://koinworks.com/blog/prinsip-atm-amati-tiru-modifikasi-untuk-kesuksesan-bisnis/