Diabetes Melitus adalah penyakit ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan bagi penderita.

Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Saat banyak sekali tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menambah insulin seperti kapsul insulin. Selain kapsul insulin untuk mengobati diabetes bisa menggunakan sambiloto.

Nama Latin tanaman sambiloto adalah Andrographis paniculata. Tanaman ini banyak tumbuh di negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bagian tanaman yang dimanfaatkan jadi obat adalah daun.

Daun sambiloto memiliki zat aktif yang bernama Andrographolide dan glukosida diterpen. Nah Andrographolide ini merupakan zat aktif utama dalam sambiloto yang berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Kapsul Sambiloto untuk diabetes
Kapsul Sambiloto

Tiap kapsul (500 mg) mengandung ekstrak :

Andrographis paniculata folium ekstrak : 500 mg
KHASIAT DAN KEGUNAAN :
Membantu meringankan gejala kencing manis.

EFEK FARMAKOLOGI :

Andrographis paniculata folium ekstrak
Sambiloto memiliki khasiat yang dapat menurunkan glukosa darah berkat kandungan senyawa aktifnya yaitu deoksiandrografolida, neoandrografolida, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolida dan homo-andrografolida. Senyawa andrografolid ini dapat menurunkan aktifitas pembentukan glukosa dari senyawa-senyawa non karbohidrat seperti piruvat dan laktat.

Andrografolid juga berkhasiat sebagai hepatoprotektor yaitu dapat melindungi hati dari zat beracun. Sambiloto dapat merangsang daya fagositosis sel darah putih sehingga dapat meningkatan kekebalan tubuh. Agen immunostimulan ini yaitu andrografolid yang dapat meningkatkan limfosit dan interleukin-2 yang secara tidak langsung meningkatkan aktifitas sitotoksis limfosit terhadap sel kanker. Hasil uji sambiloto juga menunjukkan bahwa sambiloto berkhasiat sebagai antibakteri, antifungi, antiradang dan menurunkan tekanan darah

ATURAN PAKAI :
Pencegahan : 1 x 1 kapsul per hari
Pengobatan : 2 x 2 kapsul per hari
Diminum sebelum makan
Perbanyak minum air hangat.

Simpan di tempat kering dan sejuk dengan suhu kamar 28 - 32 derajat C serta terhindar dari sinar matahari langsung.

PERINGATAN :

Hanya untuk penderita kencing manis yang telah ditetapkan oleh dokter.
Selama penggunaan konsultasikan pada dokter secara berkala.
Botol, isi 50 kapsul
POM TR 123 364 761

Diproduksi oleh :
CV. TOGA NUSANTARA
Bekasi - Indonesia